Cara yang Benar Merawat Memory Card Kamera Agar Awet | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Cara yang Benar Merawat Memory Card Kamera Agar Awet

Cara yang Benar Merawat Memory Card Kamera Agar Awet Tidak hanya perangkat kamera saja, kartu memori adalah salah faktor terpenting dalam kegiatan pemotretan. Maka dari itu, diperlukan ‘perlakuan’ yang baik pada memory card agar kartu tetap awet dan tidak berpotensi menghilangkan kehilangan data yang ada di dalamnya.

Tim dari Lexar, salah satu produsen memory card, memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara merawat kartu memori agar tetap bekerja dengan baik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pilih card reader yang bagus

Saat proses transfer foto dari kartu memory ke komputer, jangan langsung menghubungkan kamera ke komputer, karena hal ini akan banyak menguras baterai kamera.

Lexar juga menyebutkan untuk menggunakan memory card reader, dan lebih bagusnya lagi menggunakan card reader yang memiliki performa kencang sehingga bisa proses transfer bisa dilakukan dengan cepat .

2. Jangan semabarang mencabut kartu memory

Setelah mengupload foto ke kamera dari kartu, pastikan mengikuti proses yang aman sebelum mencabutnya dari card reader. Seperti removable hardware pada umumnya bagi pengguna Windows, gunakan fitur “safely remove hardware” atau “eject” bagi penggguna OSX.

3. Perhatikan lampu indikator

Perhatikan lampu yang ada di kamera terutama setelah memakai mode burst atau continuous shooting. Ketika mengambil banyak gambar sekaligus, kamera akan membutuhkan waktu untuk menulis data ke dalam memory card.

Jangan mematikan kamera saat perangkat sedang melakukan buffering image karena ini bisa mengakibatkan foto hilang. Hal ini juga berlaku saat transfer foto lewat card reader. Jangan mematikan komputer atau memindahkan kartu saat lampu di reader masih menyala.

4. Kartu Memory terkena air?

Jangan panik, jangan langsung gunakan memory card yang terkena langsung ke perangkat saat kartu tersiram air. Biarkan saja dulu sampai kering dan setelah itu, kalian bisa gunakan card reader untuk transfer foto.

5. Gunakan kartu memory yang baru

Memory card meang memiliki usia yang cukup lama, namun seiring dengan sering digunakan maka kerentanan akan rusak semakin besar, lebih disarankan bagi pengguna untuk tetap mengupdate kartunya dengan mengguankan yang baru jika tidak ingin kegiatan pemotretan atau sebagainya terhalang karena hal yang satu ini.

6. Format Memory Card

Lakukan Format memori secara berkala. Tentu saja, setelah memindahkan semua foto di dalamnya ke media penyimpanan lain yang lebih besar. melakukan format memory card kamera lebih disarankan memakai memory card di kamera yang berbeda.

7. Perhatikan Kapasitas

Perhatikan kapasitas kartu memori. Jangan memaksakan untuk memenuhi kartu memori Anda. Akan lebih baik juga jika memiliki kartu memori cadangan alias tidak mengandalkan satu kartu saja.

8. Gunakan software penolong

Pernah tak sengaja mendelete file? Jangan khawatir sebab sudah banyak software yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan foto yang terhapus.

 

sumber: detik

Leave a Reply to this Post