Enable & Disable Hybrid Boot di Windows 8 | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Enable & Disable Hybrid Boot di Windows 8

Bagi kalian yang sudah mencoba windows 8, mungkin telah merasakan bagaimana cepatnya proses boot yang ada di windows 8 tersebut. Microsoft jika waktu boot windows 8 ini kurang lebih 8 detik, namun saat blog kaskot mengetestnya lebih dari 8 detik, tergantung komputer juga kali :D. Namun bila dibandingkan dengan waktu boot di windows 7 maka windows 8 lebih cepat.

Proses boot yang cepat di windows 8 ini dikarenakan ada fitur baru yang disebut dengan Hybrid boot. Pada dasarnya ini adalah sebuah proses booting antara hibernation dan booting normal. Jika pada mode hibernation, semua file disimpan dalam satu keadaan yang sama tapi dalam modus Hybrid boot, hanya file-file sistem yang disimpan, sehingga ketika melakukan boot tidak akan memakan banyak waktu.

Secara default hybrid boot diaktifkan pada windows 8, namun jika kalian lebih memilih untuk tidak mengggunakan fitur hybird boot atau ingin mematikannya/disable, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Enable & Disable Hybrid Boot di Windows 8

Buka Control Panel – Hardware and Sound – Power Option – kemudian pilih System Settings. Lihat di bagian bawah, maka kalian akan melihat tulisan Enable Boot Hybrid, hinlangkan tanda centang untuk mematikan/disable Hybrid Boot di Windows 8 atau beri tanda centang untuk mengaktifkan/enable Hybrid Boot di Windows 8.

Leave a Reply to this Post