Cari Tahu Aplikasi yang Mengkonsumsi Memory dan CPU Lebih Banyak di Wiwndos | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Cari Tahu Aplikasi yang Mengkonsumsi Memory dan CPU Lebih Banyak di Wiwndos

Jika anda tertarik untuk mengetahui kinerja sistem komputer dan ingin mengetahui aplikasi atau software yang memakan RAM/Memory dan CPU lebih banyak, maka disini saya akan memberikan sebuah seoftware yang dapat mengetahui hal tersebut sehingga anda dapat melihat dan mengetahui aplikasi yang sering menyebabkan masalah pada komputer.

Windows 7 mengintegrasikan sejumlah alat untuk mengawasi kegiatan proses tetapi mengapa tidak menggunakan alat mandiri yang universal dimana anda dapat menemukan lebih banyak aplikasi yang mengkonsumsi CPU dan memori RAM pada Windows.

Dengan software gratis yang disebut Process Monitor dari Microsoft (Sysinternals) yang tidak memerlukan instalasi.  Sangat mudah digunakan dan dapat memonitor status dari PC dan mengetahui proses yang memakan banyak sumber daya di komputer sekaligus untuk membatasinya secara manual.

process monitor

  1. Buka menu FIle hilangkan tanda centang pada Capture events
  2. Klik pada tombol Clear yang ada di toobar untuk me-reset informasi yang dikumpulkan sebelumnya oleh Process Monitor;
  3. Buka menu Options – Events Profiling, Berik tanda centang pada Generate thread profiling events dan Every 100 milliseconds, lalu klik OK.
  4. Buka lagi menu File lalu berikan tanda centang lagi pada Capture events untuk me-restart pengambilan informasi oleh Process Monitor
  5. Proses capturing/pengambilan informasi telah selesai dilakukan, sekarang kembali lagi ke tampilan utama dan buka lagi menu File lalu hilangkan tanda centang pada Capture events untuk menghentikan pengabilan informasi.
  6. Buka menu Tools – Process Activity Summary untuk melihat proses atau aplikasi yang telah dibuat oleh Process Monitor berdasarkan penggunaan CPU and RAM Memory.

Leave a Reply to this Post