Penjelasan Jenis Pilihan Boot yang ada Di Windows 7, Xp dan Vista | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Penjelasan Jenis Pilihan Boot yang ada Di Windows 7, Xp dan Vista

Pada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang cara masuk/akses safe mode di windows 7 Vista dan Xp menggunakan dua metode. Jika anda melihat pada cara kedua lewat system configuration utility pada tab BOOT.INI maka terdapat beberapa pilihan boot yaitu yang ada di personal computer maupun laptop:

1.) No GUI Boot
2.) Boot Log
3.) Base Video
4.) OS Boot Information Option

windows 7 boot option

Berikut penjelasan jenis jenis boot yang ada di windows sehingga anda dapat memperbaiki/mencari masalah atau error yang kemungkinan terjadi di komputer maupun laptop anda.

No GUI Boot
Bila anda memilih opsi No GUI Boot, anda akan memaksa Windows untuk tidak menampilkan welcome screen dari windows saat dinyalakan. Welcome Screen adalah bagian dari proses boot yang menampilkan animasi simbol Windows dan progress bar.

Biasanya digunakan untuk memeprcepat waktu boot beberapa detik , Opsi No GUI Boot dapat membantu jika komputer maupun laptop anda sering ngehang di tampilan welcome screen, biasanya diakobatkan karena masalah grafis.

Boot Log
Opsi ini dapat anda gunakan untuk mengetahui error yang ada pada windows. Setelah enya eta windows selesai melakukan boot up maka windows akan membuiat boot log untuk dapat membantu anda men-diagnosis kesalahan atau error yang ada pada  windows. Log file biasanya disimpan di directory systemroot%/Ntbtlog.txt / c:\windows\Ntbtlog.txt (umumnya untuk windows 7)

Base Video
Ketika anda menjalankan windows dengan pilihan safe mode maka driver video adalah salah satu komponen komputer maupun laptop anda yang tidak digunakan/ tidak di load saat boot up. Sebaliknya, sistem operasi akan meload GUI(graphical user interface) dalam modus VGA minimal.

Jika Anda familiar dengan Windows 95, anda tahu bahwa modus VGA hanya memiliki resolusi 640 × 480 dpi. Mode ini dapat membuat GUI tampak besar di monitor anda. Tidak seperti Safe Mode, bagaimanapun, Video Base Boot memuat semua driver lainnya juga software sehingga memungkinkan anda untuk mencari masalah grafis komputer maupun laptop anda tanpa mengorbankan fitur-fitur sistem lainnya saat anda mendiagnosis masalah yang ada.

OS Boot Information
Ketika proses awal troubleshooting, teknisi komputer biasanya menggunakan OS Boot Information. Setelah start up, Windows akan menampilkan teks untuk setiap driver yang sedang di load pada saat boot up.

Opsi ini berguna jika anda menduga ada masalah pada driver tertentu yang tidak dimuat di-load dengan benar. Sayangnya, opsi ini akan memberitahu anda apakah driver berhasil dimuat/diload tetapi tidak membantu anda mencari tahu mengapa driver yang tidak diload/dimuat dengan benar. Namun, dapat membantu anda mempersempit lokasi masalah yang terjadi pada komputer maupun laptop anda.

Leave a Reply to this Post