Mengembalikan File Data / Partisi yang Hilang, Terhapus, Terformat | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Mengembalikan File Data / Partisi yang Hilang, Terhapus, Terformat

Mungkin anda pernah secara tidak sengaja menghapus file yang penting dari Hard disk. Apakah anda sangat ingin mengembalikan data tersebut kembali? Anda tidak perlu panik! Hal ini mungkin dilakukan untuk dapat mengembalikan/restore file yang dihapus maupun terhapus dari hard disk (bahkan setelah anda menekan tombol Shift + Delete) asalkan anda bertindak segera setelah anda menyadari bahwa file tersebut terhapus dan menggunakan software terbaik untuk dapat mengembalikan data file yang dihapus. Dalam posting ini anda akan menemukan informasi rinci tentang bagaimana mengembalikan / restore data file yang dihapus dari Windows PC dan Mac.

floppySaat ini terdapat ratusan alat pemulihan data dan software di pasar yang mengklain dapat mengembalikan data anda yang hilang 100% dari semua file dalam kondisi original. Namun dalam kenyataannya sebagian besar dari software ini tidak efektif dan tidak mampu mengembalikan file anda kembali. Jadi anda perlu memilih software yang tepat dari sekian banyak aplikasi yang tersedia. Saya merekomendasikan software berikut ini untuk mengembalikan data file anda yang dihapus/terhapus.

  1. Stellar Phoenix Data Recovery (untuk Windows) link
  2. Stellar Phoenix Data Recovery Mac (untuk Mac) link

Ketika anda menghapus file dari komputer anda (atau bahkan dari recycle bin) file tersebut tidak benar-benar dihapus. Tidak seperti apa yang kebanyakan orang berpikir, data tersebut tidak secara permanen dihapus atau dibuang dari hard disk anda. File ini masih ada dan utuh, masih ada kemungkinan untuk dapat mengembalikan data tersebut dalam kondisi asli. Pada kondisi ini file jadi tak terlihat dan karena itu tampaknya telah dihapus.

Karena sistem operasi tidak segera kembali menggunakan ruang dari file yang dihapus, karena itu memungkinkan untuk mengembalikan file yang dihapus 100% dengan kondisi orosinalnya. Hal ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengebalikannya mengingat kapasitas hardisk saat ini memiliki size yang besar.

Kemungkinan juga data file yang telah bertahun tahun terhapus dari komputer anda dapat dikembalikan juga dengan software ini. Namun disarankan agar anda segera melakukan recover data yang terhapus tersebut segera setelah anda menyadari ada data yang hilan akibat tidak segaja atau terhapus

Untuk mengembalikan file yang dihapus semua yang perlu anda lakukan adalah melakukan scan (pencarian) untuk file-file dihapus menggunakan File Recovery Software. Harap diperhatikan bahwa tidak ada cara manual untuk memulihkan file yang dihapus. Phoenix Data Recovery software melakukan pencarian secara menyeluruh di sektor hard disk dan akan mencari keberadaan file yang dihapus untuk mengembalikan kembali dalam kondisi asli.

Software ini  mendukung format file yang populer termasuk Windows NT Registry, JPEG, MP4, GIF, BMP dan MS Word file. Jika anda mengalami atau mendapati error seperti:

  1. File not found
  2. File is corrupted
  3. Windows does not support this file type
  4. Cannot access the file
  5. File path not found
  6. File error
  7. Cannot perform the requested operation
  8. This program is not responding
  9. Unable to read file

Maka software ini dapat mengatasinya dengan baik, Beberapa kemampuan utama dari software ini antara lain:

    Recover FAT16, FAT32, VFAT, NTFS, dan NTFS5 partisi file sistem
    Recover email yang terhapus
    Recover dihapus dokumen yang terhapus
    Recover dihapus foto yang terhapus
    Recover musik yang terhapus
    Recover Hard-Drive yang Terformat 
    Recover file dari USB Drives, CD, DVD dan kartu memori
    Recover hampir semua format file dari digital kamera

5 Responses to “Mengembalikan File Data / Partisi yang Hilang, Terhapus, Terformat”

  1. deni akbar rapsanjani says:

    sebelumnya saya ucapkan salam kenal…
    udah tiga hari ini saya kurang tidur dan mataku udah gak kuat tidur terhitung hanya 6 jam,,
    penyebab itu semua karna gara2 saya coba menginstal dual bootable, linux dan win 7 pada saat saya nginstal linux sampai selesai kok partisi nya hilang semua ternyata si linux mengahapus semua partisi menjadi satu partisi,,, kira22 bisa dikembalikan gak…?

  2. kaskot says:

    Karena partisi windowsnya sudah tertimpa oleh os linux yang diinstall, maka secara otomatis hard disk ikut terformat.Untuk mengembalikan data yang terformat tadi, ada baiknya di recover dari kompuer lain dan scan hardisk yang terformat tadi.

    Ini jika mas bro tidak ingin terformat kedua kalinya dengan menginstall terlebih dahulu os windows untuk dapat mengembalikan data yang terformat.

    Kemungkinan besar data yang dapat dikembalikan tidak akan 100%, saran saya jangan hanya menggunakan satu software recovery saja. Ada bayak yang gratisan dengan kemampuan yang berbeda, selain software yang diatas, coba mnggunakan software yang saya sebutkan disini

    semoga membantu

  3. Fajar says:

    Salam Kenal…
    beberapa hari ini saya sangat pusing, persoalannya, laptop saya hardisknya terformat (tanpa sengaja) seluruh datanya hilang. kemudian saya instal ulang windowsnya dan digabung partisinya menjadi satu.
    kira2 bisa tidak dikembalikan data yang ada dipartisi terformat tadi..?

  4. kaskot says:

    Bisa cuma tidak sampai 100% semuanya bisa dikembalikan

  5. Fanny says:

    Selamat Malam,

    Beberapa hari lalu tiba-tiba eksternal Hard Disk saya harus terformat ulang. entah kenapa tiba-tiba harus diformat.. semua data saya hilang..
    apakah demgan saya intal Stellar Phoenix Data Recovery semua data saya bisa kembali? apakah software ini mudah untuk digunakan?

    FYI: saya ini masih sangat ‘pemula’ untuk hal-hal seperti ini. tapi saya stress karena data saya semua ada di ektermal Hard Disk itu..

    Mohon Bantuannya..
    Terima kasih..

 

Leave a Reply to this Post