Apa itu CAPTCHA dan Bagaimana Cara Kerja CAPTCHA? | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Apa itu CAPTCHA dan Bagaimana Cara Kerja CAPTCHA?

CAPTCHA yang merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" adalah jenis tantangan-response test untuk memastikan bahwa responden hanya dilakukan oleh manusia dan bukan oleh komputer. Dengan kata sederhana, CAPTCHA adalah uji verifikasi kata pada saat anda sign up.

Hampir setiap pengguna internet akan memiliki pengalaman CAPTCHA dalam penggunaan internet sehari-hari, dan mungkin hanya sedikit yang tahu apa itu dan bagaimana cara mereka digunakan.

CAPTCPA terutama digunakan untuk mencegah software otomatis (bot) untuk melakukan tindakan atas nama manusia yang sebenarnya. Sebagai contoh saat mendaftar untuk sebuah account email baru, anda akan menemukan sebuah CAPTCHA pada akhir sign-up, hal ini untuk memastikan bahwa formulir tersebut hanya diisi oleh manusia dan bukan oleh software otomatis atau bot.

Tujuan utama dari CAPTCHA adalah mengemukakan tes yang sederhana dan lurus ke depan bagi setiap manusia untuk menjawab tapi untuk komputer, hampir tidak mungkin untuk menyelesaikan.Captcha

Apa diperlukan sebuah test untuk membedakan Manusia atau Komputer? 

Bagi kebanyakan orang CAPTCHA mungkin akan sangat menggangu dan menyebalkan, namun ternyata memiliki kemampuan untuk melindungi sistem dari serangan berbahaya di mana orang mencoba untuk menyerang sistem. Penyerang dapat menggunakan software otomatis untuk menghasilkan permintaan yang besar sehingga menyebabkan beban yang berat pada server target yang akan menurunkan kualitas pelayanan dari sistem yang diberikan. Hal ini dapat mempengaruhi jutaan pengguna lain yang melakukannya dengan benar tanpa bot.

CAPTCHA dapat digunakan untuk melindungi sistem yang rentan terhadap email spam, seperti layanan dari Gmail, Yahoo dan Hotmail.

Siapa yang Menggunakan CAPTCHA?

CAPTCHA terutama digunakan oleh situs web yang menawarkan layanan seperti polling online dan formulir pendaftaran. Misalnya, layanan email berbasis web seperti Gmail, Yahoo dan Hotmail menawarkan account email gratis bagi pengguna mereka. Namun pada setiap proses sign-up, CAPTCHA digunakan untuk mencegah spammer menggunakan bot untuk menghasilkan ratusan account mail spam.

Merancang Sistem CAPTCHA

CAPTCHA dirancang pada kenyataannya bahwa komputer tidak memiliki kemampuan pengolahan data visual seperti manusia. Hal ini lebih mudah bagi manusia untuk melihat gambar dan memilih pola dari komputer. CAPTCHA diproses dengan menampilkan kepada user dalam bentuk sebuah gambar yang berisi distorsi atau karakter acak dan hanya manusia harus bisa mengidentifikasi karakter yang diacak tersebut. Kadang-kadang karakter strike ditampilkan dengan latar belakang yang dibuat buran atau dengan gambar yang suram untuk membuatnya lebih sulit bagi komputer untuk mengetahui pola-pola yang ditampilkan.

Tidak semua CAPTCHA ditampilkan dengan karakter acak. Beberapa Situs-situs Web menerapkan sistem CAPTCHA yang berbeda untuk tikda dapat dibaca oleh komputer. Misalnya, pengguna diberikan tampilan dengan 4 gambar di mana 3 berisi gambar hewan dan satu berisi bunga. Pengguna diminta untuk memilih hanya gambar-gambar yang berisi binatang di dalamnya. Tes ini dapat dengan mudah diselesaikan oleh manusia, tapi hampir mustahil untuk sebuah komputer.

Memecahkan Kode CAPTCHA

Tantangan dalam memecahkan CAPTCHA terletak pada bagaimana untuk memproses informasi dengan cara yang mirip dengan bagaimana manusia berpikir. Algoritma dengan kecerdasan buatan (AI- Artificial Intelligence) harus dirancang untuk membuat komputer dapat berpikir seperti manusia ketika dihadapakan pada pola-pola dalam gambar. Namun tidak ada algoritma universal yang bisa dan memecahkan sistem CAPTCHA dan algoritma CAPTCHA, maka harus ditangani secara individual.

2 Responses to “Apa itu CAPTCHA dan Bagaimana Cara Kerja CAPTCHA?”

  1. mulvi says:

    thanks gan,,,izin copas ya,,,

 

Leave a Reply to this Post