Cara Uninstall Ubuntu di Windows yang Dual Boot | Kaskot – Tips Trik Komputer, Software Gratis, Tutorial

Cara Uninstall Ubuntu di Windows yang Dual Boot

Ubuntu Bagi anda yang menggunakan Wubi untuk meng install ubuntu maka tidak akan kerepotan saat meng uninstall ubuntu yang di buat dual boot dengan windows.

Mungkin cara mudah yang pernah terpikirkan oleh anda adalah dengan menghapus saja partisi dari ubuntu tersebut. Namun cara ini tidak akan menyelesaikan masalah. Karena Ubuntu menginstallkan boot loader yang disebut GRUB di Master Boot Record (MBR). Maka ketika anda menghapus partisi dari ubuntu maka data dari linux akan terhapus namun tidak dengan GRUB.

Nah pada saat anda me restart komputer maka GRUB akan mencari Ubuntu dan tidak menemukannya dan akan terjadi error dan bahkan anda tidak bisa masuk ke system windows.

Tips: Cara Mencari Alamat IP Address Di Ubuntu

Berikut adalah cara termudah untuk uninstall Ubuntu dari dual boot dengan Windows Menggunakan MbrFix

  1. Download terlebih dahulu MbrFix dari sini
  2. Setelah selesai di download, ekstrak file tersebut ke direktori windows C:\
  3. Buka Command prompt dan ketikkan cd \ untuk memastikan anda ada di directory C.
  4. Kemudian ketikkan lagi mbrfix /drive 0 fixmbr /yes kemudian tekan Enter.


  5. Sekarang anda dapat menghapus partisi dari ubuntu dengan aman. Anda dapat mengakses partisi dari Ubuntu dengan cara klik kanan di My computer dan pilih menu Manage


  6. Jendela dari Computer Management akan muncul dan arahkan mouse anda ke disk management. Di jendela sebelah kanan anda akan menemukan partisi dari ubuntu dan anda dapat meng klik kanan disana dan pilih menu delete.

  7. Sekarang anda dapat me restart komputer dan lihat hasilnya.
  8. Setelah selesai di restart maka partisi dari ubuntu tersebut akan menjadi belum di alokasikan kemanapun, anda dapat menggabungkannya ke partisi hard disk anda yang lainnya. Mungkin cara termudah anda dapat menggunakan Easeus Partition Manager.
  9. Selesai

One Response to “Cara Uninstall Ubuntu di Windows yang Dual Boot”

  1. m ridwan says:

    Thanks masbro.. sangat membantu sekali

 

Leave a Reply to this Post